Bahasa Inggris dan Bahasa Eropa

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang mendunia. Dipakai tak hanya di dunia kerja, dunia perdagangan hingga dunia pendidikan dan budaya. Sehingga begitu banyak manfaatnya jika kita belajar bahasa inggris, urusan menjadi mudah dalam hal pendidikan dan dunia kerja dan yang pastinya tidak ketinggalan zaman dari negara – negara maju lainnya. Tahukah anda bahwa ada 6.500 bahasa di dunia ini berdasarkan letak wilayah sejarah dan budaya.

Dari sinilah banyak bermunculan bahasa-bahasa baru yang mirip satu sama lainnya. Biasanya bahasa itu akan lebih mudah kita pelajari apabila memiliki kemiripan secara harfiah dengan bahasa yang kamu kuasai. Itulah mengapa bahasa inggris ini penting, karena dari berbagai bahasa yang ada diberbagai negara di Amerika dan Eropa.

1. Bahasa Perancis

Bahasa Perancis adalah bahasa kedua yang paling banyak di pelajari di dunia, selain itu bahasa Perancis adalah bahasa utama yang digunakan di konsorium uni Eropa. Bahasa ini di pakai dibeberapa benua, di Amerika khususnya di Canada yaitu Quebec, di Eropa seperti Perancis, Belgia, Swiss dll, dan juga di Afrika dan beberapa wilayah di Asia.  Banyak kata kata dalam bahasa Inggris yang juga dipengaruhi atau kata serapan dari bahasa Perancis seperti potatoes au gratin, film noir dan entrepreneurs.

2. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di 44 negara. Bahasa Spanyol mudah dipelajari karena bahasa ini memiliki alphabet yang hampir sama dengan bahasa inggris, dan ada kesamaan pula dalam penyebutan kosakata. Tetapi walaupun banyak kemiripan antara bahasa Inggris dan Spanyol, banyak juga dialek Bahasa Spanyol yang membedakan penyebutan kata-katanya, kosa kata dan perbedaan grammar

3. Bahasa Portugis

Brazil menduduki ranking ke 6 di dunia dalam kemajuan ekonomi, sehingga menjadikan bahasa portugis sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai oleh para professional. Sama dengan bahasa Spanyol, bahasa portugis hanya mempunyai perbedaan dari Inggris dari segi susunan kata dan penyebutan kata. Uniknya bahasa Portugis adalah dengan hanya mengganti intonasi dari sebuah kalimat, kamu bisa mengganti kalimat tersebut sebagai kalimat pernyataan ke kalimat pertanyaan, sehingga tidak perlu di susun ulang. [Ade Sundari]