Strategi Mengatasi Culture Shock Saat Berada di Luar Negri

Culture shock bukanlah hal yang tabuh bagi orang-orang yang pertama kali tinggal di luar negri. Hal ini bisa menimpa banyak kalangan mulai dari mahasiswa luar negri atau traveller yang belum terlalu mengenali Negara yang dikunjunginya. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan culture shock?

Bila ditelaah dari setiap kata, culture artinya adalah “budaya” sedangkan shock bisa diartikan dengan “kaget” atau lebih tepatnya terkejut dengan hal yang baru dialami. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa culture shock adalah situasi dimana anda mengalami rutinitas, budaya, keseharaian dan sikap orang yang berbeda jauh dari yang kamu temui di selain negeri yang kamu tinggali. Situasi menuntut kita untuk beradaptasi tidak hanya dari kehidupan social dari sebuah Negara tetapi juga sampai pada jenis makanan yang tersedia di negeri itu.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk menghadapi culture shock ?

1. Sebelum anda bepergian, kenalilah dengan baik Negara tujuan anda. Hal ini dapat menambah wawasan sebelum anda sampai ke Negara tujuan. Sehingga kita tidak perlu bingung ketika sampai ditempat yang kita tuju.

2. Tuliskanlah hal yang menyenangkan yang kamu lihat saat pertama kali sampai ke Negara tujuanmu. Ingatlah Negara itu adalah sesuatu yang selama ini kamu idam idamkan.  Hal ini dapat membantu menimbulkan hal yang positif di hati anda.

3. Jalinlah hubungan sosialisasi yang baik dengan teman barumu,  karena temanmu yang asli warga Negara tujuanmu akan menjadi teman berbagi dalam proses beradaptasi.

4. Jagalah hubunganmu dengan keluarga dan teman di kampong mu, karena ini sangat ampuh dalam menyemangati dan memberikan nasehat terbaik terhadap apa yang kamu alami. Atau melalui curhatan dengan keluargamu kamu bisa melepaskan rindu dengan segala hal yang ada dikampung.

5. Carilah selingan yang positif, hal ini dapat menghiburmu dan memberikan suasana baru selama tinggal di luar negeri. Apabila kamu selalu berusaha menemukan hal yang istimewa dari tempat barumu, maka lama kelamaan akan timbul rasa cinta dan bahagia selama hidup di negeri orang yang jauh dari keluarga.

Oleh Ade Sundari