Improve Bahasa Inggrismu Dengan Membaca Novel

Oleh : Ade Sundari

The More That You Read, The More Things You Will Know. The More That You Learn, The More Places You’ll Go. – Dr. Seuss

Dimulai dengan kalimat diatas, penulis membenarkan sekali bahwasannya banyak baca memang akan banyak tahu, dan banyak yang dipelajari maka akan banyak menghantarkan kita pada hal-hal yang jarang terbayangkan, itulah mengapa ada kata-kata yang mengikrarkan bahwa buku adalah jendela dunia.

Salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan dalam membaca adalah suasana baru tentang apa yang dibaca. Kita tentu sudah sangat sering membaca kalimat dan teks-teks panjang dalam bahasa inggris di dalam buku-buku pelajaran. Membosankan bukan? Cobalah hijrah sesekali dari semua itu. Silahkan rasakan nuansa yang lebih menarik ketika kamu membaca novel. Akan ada banyak sekali tantangan dan keseruan tersendiri.

Lalu pertanyaannya, buku yang seperti apakah yang recommended untuk dibaca?

Nah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih buku yang tepat. Buku yang tepat adalah buku yang sesuai dengan minta kamu. Contoh kamu suka baca novel imajinatif seperti Harry Potter, maka sebaiknya carilah yang berbahasa inggris. Kalau semisal buku itu terlalu tebal dan kamu belum bisa memahami nya secara cepat dan utuh, maka cobalah memulai membaca sepenggal kisah di media massa, sebut saja Koran Jakarta. Koran ini disajikan dalam bahasa inggris.

Kemudian setelah menemukan bacaan yang tepat, lalu buatlah catatan khusus untuk mereview novel atau artikel pendek yang kamu baca, tulislah vocabulary tersulit yang tidak kamu fahami dan buatlah highlight kata tersebut dengan stabile agar tidak mudah jenuh.

Langkah ketiga, kamu harus mempunyai target membaca buku dalam seminggu. Contoh nya buatlah list dalam satu minggu kamu harus membaca dan menghabiskan dua buku atau dua referensi sekaligus. Untuk lebih mengetahui buku buku apa saja yang sangat bagus untuk dibaca selain buku pelajaran, berikut daftarnya : Dr.Seuss (cerita anak Dr.Seuss mudah untuk dibaca dan tidak terlalu susah), Peter Pan – J.M. Barrie, Charlotte’s Web – E.B. White, Fantastic Mr. Fox – Roald Dahl, Tuesdays with Morrie – Mitch Albom, Trilogi The Hunger Games – Suzanne Collins, Harry Potter – JK. Rowling, the Fault in Our Star – John Green (buku-buku Green yang lain juga cukup enak dan mudah dibaca)