Perbedaan TOEIC dengan TOEFL

Oleh : Ade Sundari

Saat ini sudah sangat banyak tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Sebut saja seperti TOEFL dan TOEIC, kedua tes ini sangat popular di Indonesia. Namun kendati demikian masih banyak orang yang bertanya Tanya, sebenarnya apakah yang membedakan kedua tes tersebut?

TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language, pada umumnya tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris di bidang akademis. Tes ini banyak memerlukan vocabulary dan pengetahuan khusus, TOEFL biasanya dijadikan sebagai salah satu syarat yang sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, seperti Canada dan Amerika Serikat. Adapun nilai tertinggi untuk TOEIC adalah 990.

Nah, kalau itu TOEFL, lalu bagaimana dengan TOEIC? Sama saja atau ada perbedaan yang sangat jauh antara keduanya?

TOEIC adalah Test of English for International Communication, tes ini dirancang untuk mereka yang bahasa sehari harinya bukan bahasa Inggris, salah satu nya adalah Indonesia. Nah, mengapa tes ini menjadi perlu, karena dari tes ini dapat menunjukkan sampai level manakah tingkat ketangkasan anda dalam berkomunikasi bahasa Inggris. TOEIC hanya terdiri dari dua section yang diujikan, yaitu listening dan reading.  Sedangkan TOEFL terdiri dari tiga section yaitu listening, structure dan reading.

Jadi sampai disini saya ingin kembali menegaskan bahwasannya TOEFL biasa dipakai di dalam dunia akademis, sedangkan TOEIC biasanya dipakai untuk menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi yang diminta oleh perusahaan ketika anda mau bekerja atau menjalin bisnis. Apabila anda sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang menurut anda sudah mumpuni, belum bisa diakui jika anda melakukan kedua tes ini. Maka jangan ragu menguji kemampuan bahasa inggris yang anda miliki di lembaga terpercaya agar lebih menambah kepercayaan diri, baik itu bagi mereka yang mau bekerja atau yang ingin studi ke luar negeri.