4 Jenis TOEFL

Oleh : Ade Sundari

            Siapa yang tidak kenal dengan tes TOEFL, hampir semua orang yang duduk dibangku akademis pasti mengenalnya. Tapi diantara mereka masih banyak yang belum mengetahui pembagian TOEFL dari segi tes nya. Oleh karena itu langsung saja mari kita fahami sebenarnya ada berapakah jenis test TOEFL?

1. PBT (Paper-Based Test)

Paper-based test merupakan salah jenis tes toefl yang sangat popular, biasanya tes ini dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga kursus . PBT adalah salah satu bentuk test toefl yang konvensional, adapun tesnya masih menggunakan lembar jawaban kertas, tes nya menggunakan pensil 2B dan materi yang diujikan berupa listening, structure and written dan reading.

2. Computer Based Test (CBT)

Pada test toefl CBT ini lebih praktis dari PBT,karena selama proses ujiannya menggunakan computer, adapun semua soal akan terlihat di layar computer dengan menggunakan software interaktif. Ini justru akan lebih memudahkan peserta, karena bisa langsung mengerjakan di computer. Sedangkan kompone yang dujikan berupa listening,  structure, reading and writing.

3. Internet Based Test (iBT)

Tes toefl iBT ini merupakan tes terbaru dan juga sangat populer sebagai persyaratan khusus untuk melanjutkan studi ataupun riset skala Internasional. Adapun medianya menggunakan computer dan internet. Materi yang diujikan yaitu seperti reading, listening, writing dan speaking. Lalu pertanyaannya kemanakah materi structure? Nah, structure tidak semerta merta hilang melainkan sudah masuk kedalam materi lainnya. Soal yang diujikan terdiri independent test (tes mandiri) dan integrated test (tes kombinasi) dan lama yang dihabiskan untuk ini membutuhkan waktu selama 4 jam.

4. Institutional Testing Program (ITP)

TOEFL ITP biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris tepercaya. Soal yang diujikan tetap berpatokan pada model soal internasional. Nah, karena jenis TOEFL ini tidak diakui internasional, kamu wajib mencari tahu apakah universitas atau pemberi beasiswa pilihanmu menerima hasil TOEFL ITP. Jika menerima, kamu bisa mendaftar di lembaga kursus bahasa Inggris atau TOEFL ITP test center di lokasi terdekat.