Cara Simpel Menulis Essay

Menulis adalah salah satu kegiatan yang mampu mengasah otak. Tak hanya itu menulis menuntut pengetahuan yang dalam tentang apa yang kita tulis, terlebih jika yang ditulis adalah mengenai essay yang berbahasa inggris. Mendengar essay berbahasa inggris yang terlintas di pikiran kita pasti sulit dan sangat complicated, oleh karena itu berikut akan saya bagikan step by step yang harus dilakukan sebelum menuliskan essay.

Fokus. Esai langsung membahas topik masalah, tidak bertele-tele, dan menggunakan argumen yang jelas. Esai tidak melenceng dari topik yang dibahas.
Terorganisasi. Penulis yang paling sukses tidak menyusun isi esai seiring esai ditulis. Penulis yang baik sudah terlebih dahulu merancang struktur dan urutan penyajian ide sebelum mulai menulis.
Terdukung. Esai yang bagus meliputi ide yang didukung oleh fakta atau pernyataan di dalam teks yang dianalisis.
Mudah dipahami. Esai yang bagus ditulis dengan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar.
Analisis topik. Temukan apa tepatnya yang diminta oleh guru atau dosen untuk Anda bahas. Tuliskan topik jika tertulis di papan tulis.
Garis bawahi kata kunci pada topik. Carilah kata-kata seperti “jelaskan”, “identifikasi”, “analisis”, atau “deskripsikan”.
Pisahkan komponen-komponen topik. Jika harus “mengidentifikasi” sesuatu, lalu “menganalisisnya”, buat 1 paragraf untuk mengidentifikasi subjek yang diminta. Kemudian, buatlah paragraf kedua untuk menganalisis apa yang sudah Anda identifikasi.
Tuliskan semua ide. Tulis fragmen kalimat atau kata kunci pendek semua fakta yang dapat Anda ingat. Catat semua kata kunci, yang seharusnya berupa fakta-fakta yang akan mendukung argumen atau pernyataan yang akan Anda sajikan di esai. [Ade Sundari]