Foto

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang didirikan oleh ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga di Amerika Serikat.

 

TOEFL diperuntukkan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi, mengikuti seminar/konfrensi internasional ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa.

 

Dengan diadakannya TOEFL, mahasiswa akan dapat memahami penjelasan yang disampaikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill). Mahasiswa memahami bahan - bahan bacaan seperti buku, jurnal, laporan dll. (reading skill). Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).

 

Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi di negara - negara Amerika dan Eropa, calon mahasiswa haruslah mendapatkan TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Skor Tertinggi TOEFL Paper Based Test adalah 677).